Aiptu Agus Sutrisna SH

Adalah prestasi gemilang jika sebuah institusi yang bergerak dalam sektor pelayanan mampu memposisikan diri sebagai Zero Complain. Lewat kekuatan visi dan misi kemudian diaplikasikan dalam bentuk karya nyata, predikat Zero Complaint tampaknya tidak sulit diraih seperti diincar Tim Khusus (Timsus) Satpas SIM Polda Metro Jaya.

Peran Timsus Satpas SIM Polda Metro Jaya Jalan Daan Mogot Km 11 Cengkareng Jakarta Barat untuk membasmi segala bentuk praktik yang menghambat pemohon SIM patut diacungkan jempol. Loyalitas Timsus yang dibentuk oleh kepala seksi SIM Polda Metro Jaya Kompol H Gatot Subroto SH dalam mengungkap berbagai modus tampaknya tidak disangsikan lagi. Berbagai keluhan dilayangkan pemohon SIM selama ini dijadikan bahan evaluasi sekaligus merupakan tantangan bagi Timsus untuk bertindak cepat dan tepat sasaran. Tidak heran setiap aksi dilakukan oleh para pelaku dengan modus memanfaatkan kebingungan masyarakat terkait pengurusan SIM berhasil digagalkan Timsus.

Kerja ekstra Timsus bertujuan mengantarkan Satpas SIM Polda Metro Jaya untuk mendapatkan Zero Complain atau tanpa protes dari masyarakat terutama menyangkut ruang gerak para calo dan pelayanan dari petugas SIM. Hasilnya, cukup efektif dimana dalam waktu yang relatif singkat lokasi Satpas dinyatakan bersih dari calo. Pantauan Suara Tokoh Online pada salah satu lokasi yang kerap dijadikan basis beraksinya para calo yaitu di halte Taman Kota Jakarta Barat ternyata tidak ditemukan. Salah seorang pengojek yang sangat mengetahui gerak-gerik calo mengatakan tidak ada lagi yang  berani beroperasi sebagai calo SIM. “ Semua calo sudah diangkut Timsus ke Polda Metro Jaya.” uja Eman, pengojek yang mangkal di halte Taman Kota.

Timsus yang dipimpin Iptu Rahmat beranggotakan perwira-perwira pilihan dan berpengalaman diantaranya Aiptu Agus Sutrisna,  Aiptu  Sri  Harsono,   Aiptu Wanto, Aipda Bambang S, dan Bripda Tutut tidak saja mampu mensterilkan aksi calo di lokasi SIM dan sekitarnya, tetapi juga sukses memburu aktor intelektual jaringan pemalsu SIM hingga ke pelosok desa. Kerja keras tim terlatih ini tidak terlepas dari komitmen dan komando Kasi SIM Polda Metro Jaya Kompol H Gatot Subroto SH yang bertekad menjernihkan segala bentuk praktik meresahkan pemohon SIM. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal terhadap warga Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang hendak mengurus SIM di Polda Metro Jaya Daan Mogot Cengkareng. “Masyarakat akan mengevaluasi kinerja dan layanan petugas kami. Jika layanan baik praktis apresiasi diterima juga baik. Demikian pula sebaliknya manakala pelayanan kurang memuaskan akan menjadi bahan kritikan. Kami tidak mengklaim bahwa layanan Satpas SIM sudah optimal. Semua berpulang pada masyarakat yang berhak menilai. Yang pasti kami akan mamberikan yang terbaik sehingga pemohon SIM merasa puas.” ujar Kompol Gatot Subroto.

Lebih lanjut mantan penyidik Reserse Polres Jakarta Selatan dan satu-satunya Polri yang menerima dua tropi Citra Pelayanan Prima ini menyatakan cukup bangga dengan dedikasi dan loyalitas seluruh personil yang bertugas di Satpas SIM Daan Mogot terlebih kredibilitas dan akuntabilitas Timsus yang memang telah memberikan yang terbaik untuk membarantas mafia calo dan jaringan pemalsu SIM. Senada dengan Kasi SIM, Aiptu Agus Sutrisna SH, salah satu Timsus menyatakan, memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pemohon SIM menjadi prioritas utama Timsus sehingga sekecil apapun peluang yang memungkinkan terjadinya praktik liar terhadap pemohon SIM sedapat mungkin diantisipasi. Inilah pelayanan yang menjadi target utama Satpas SIM. ’’Fokus kami adalah mengunci ruang gerak calo.

Timsus berupaya mencegah sebelum terjadi sesuatu terhadap pemohon SIM. Ini menjadi ujian bagi Timsus untuk mendapatkan Zero Complain.” lanjut Aiptu Agus. Tampaknya apa yang menjadi target Timsus menuai hasil gemilang. Selain menyergap para calo, Timsus juga membongkar berbagai jaringan pemalsu SIM, menyeret joki dengan modus mengurus SIM atas nama orang lain, menciduk aktor calo  menggunakan kartu pers palsu, dan berbagai keberhasilan lainnya. Prestasi  ini  praktis mengangkat citra Satpas Polda Metro Jaya sehingga menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi masyarakat dalam mengurus SIM.

Mencermati apa yang telah dilakukan Satpas SIM dalam upaya melakukan inovasi secara kontinyu dan berkesinambungan hingga terciptanya sebuah kondisi dimana pemohon SIM merasa dilayani dengan tepat dan cepat, tidak berlebihan jika Satpas SIM mengincar Zero Complain. Pasalnya, dalam satu tahun terakhir ini praktis tidak ada komplain dari masyarakat baik masalah calo maupun pelayanan petugas. Asumsi mengurus SIM harus melewati berbagai birokrasi yang berbelit-belit tampaknya diakomodir dengan baik kemudian terjadilah inovasi besar-besaran oleh pihak Satpas sehingga dalam waktu singkat berubah menjadi sebuah layanan prima seperti diharapkan masyarakat.

*)Syamsudin adalah Wartawan Suara Tokoh Online dan Pemerhati Pelayanan Publik dari LSM-Konsorsium untuk Transparansi Informasi Publik ( KUTIP)