sulaiman-1Di Payakumbuh, Sumatera Barat lulusan SMA Negeri 1 Payakumbuh, Jl. Merapi No.4 Tiakar 26233, Payakumbuh merupakan sekolah dengan segudang prestasi. “Sekolah ini melahirkan putra terbaik bangsa. Tidak kurang 16 orang lulusan SMA ini yang telah menjadi jenderal di TNI maupun di Kepolisian. Mereka antara lain Djasri Marin, Fahmi Firdaus dan lainnya. Juga SMA ini melahirkan para pengusaha skala nasional maupun lokal seperti Nasrul Chas dan lainnya. Bukan itu saja, bahkan saat ini Walikota Payakumbuh H. Josrizal Zain dan Bupati Lima Puluh Koto Amri Darwis merupakan alumni SMA Negeri 1 Payakumbuh. Mereka semua tercatat dalam daftar alumni yang membentuk semacam paguyuban dengan nama IKESMA,” demikian kata Kepala Sekolah SMA Negeri Payakumbuh Sutan Sulaiman Spd.pada Selasa (24/3) pagi di Payakumbuh.

Saat ini status sekolah menjelang keluar SK RSBI (Rintisan Sekolah Berbasis Inrternasional) yang rencananya akan turun Juni 2009. Dengan adanya SK RSBI yang menyatakan bahwa sekolah berbasis internasional, maka kualitas pendidikan di sekolah tersebut dinilai sama dengan standar sekolah-sekolah di luar negeri. Kurikulum yang diadopsi pun dari Cambrigde dan mengadakan kerjasama (MoU) dengan SMA Negeri 81, Jakarta demi kemajuan pendidikan. Dengan jumlah siswa 1032 siswa yang memenuhi 27 ruang kelas untuk kelas 1, 2 , dan 3 masing-masing 9 ruang.

Dua tahun tahun terakhir ini SMA Negeri 1 Payakumbuh sudah meluluskan 23 orang siswa yang menempuh 2 tahun saja dalam pendidikan (ekselerasi). Selain itu sekolah ini mempunyai kelas unggulan, selain kelas regular. Dalam enam tahun terakhir meluluskan 1.653 orang siswa . Bahkan dalam empat tahun ini mencatat kelulusan 100% dengan prosentase di atas 50% kelulusan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan swasta, STPDN/AKABRI/STAN.

Peningkatan kualitas proses belajar mengajar dituangkan dalam lima program kerja, yaitu: Mengaktifkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)sekolah, pembentukan kelompok diskusi terbimbing, peningkatan disiplin sekolah, peningkatan layanan perpustakaan, dan pendayagunaan laboratorium IPA dan Bahasa.

Prestasi siswa sejak 2003-2008 antara lain:1) Juara I Lomba Cipta Teknologi di tingkat Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota. 2)Juara I Kejuaraan Karate Putri di tingkat Nasional. 3)Juara I & III Olimpiade Fisika tingkat Payakumbuh. 4) Juara III Olimpiade Kimia tingkat Payakumbuh 5)Juara I,II &III Olimpiade Biologi tingkat Payakumbuh. 6)Juara I Disain Teknologi tingkat Nasional. 7)Juara I Lomba Debat Nahasa Inggeris se-Sumatera Barat. 8)Juara I Olimpiade Biologi tingkat Payakumbuh 9) ikut menjadi personel Paskibraka di tingkat Nasional mewakili Propinsi pada tahun 2008 di Jakarta. Untuk itulah ia menanamkan disiplin yang ketat dalam proses pengajaran di sekolah. Bukan itu saja, demi mempertahankan nama harum SMA Negeri 1 Payakumbuh, Sutan pun aktif dalam kegiatan yang diadakan oleh para alumni sekolah tersebut dengan tujuan mendapatkan informasi luas dari para alumni yang sukses.

Menurut Sutan Sulaiman, capaian prestasi sekolah SMA Negeri 1 Payakumbuh yang telah mampu menghasilkan generasi penerus yang handal di tingkat propinsi tapi juga nasional tidak akan menjadi kebanggaan apabila mereka “lupa kacang pada kulitnya”. Ia menyindir, perilaku alumni yang enggan mampir ke sekolah dalam memberi informasi meski datang ke Payakumbuh.

“Beruntunglah ada IKESMA yang dapat mempertautkan memori para guru dan alumni yang pernah bersekolah di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Data base para alumni terkumpul semuanya di IKESMA ,“ harap Sutan Sulaiman. Semoga harapan yang bijak ini dapat ditangkap oleh para panitia yang menyelenggarakan acara-acara reuni IKESMA setiap tahunnya.